LKD Dharmasraya berikan Bimtek PAD dan Penerapan Aplikasi SRIKANDI UPT Lingkup Dinas Kesehatan

LKD Dharmasraya berikan Bimtek PAD dan Penerapan Aplikasi SRIKANDI UPT Lingkup Dinas Kesehatan


Koto Padang - 13/07/24, Dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia kearsipan dalam pengelolaan arsip dinamis dan implemnetasi SRIKANDI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  melalui Bidang Penyelenggaraan Kearsipan  telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis (Bimtek PAD) dan Penerapan Aplikasi SRIKANDI bagi 19 Kepala Tata Usaha UPT di lingkungan Dinas Kesehatan  pada Hari Selasa, 13 Agustus 2024 di Ruang Pertemuan Gedung Layanan Perpustakaan daerah Sport Center Koto Padang. Pemaparan mengenai pengelolaan arsip dinamis  disampaikan oleh Poppy Anggreni, S.IP, sementara Penerapan Aplikasi SRIKANDI disampaikan oleh Budianto S.Sos dan Lindawati SE, Fungsional Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Bimtek dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mukhamad Syukri, S.Pd,. MM. Dalam arahannya menyampaikan bahwa Pengelolaan arsip dinamis adalah proses pengendalian arsip dinamis secara efisien, efektif, dan sistematis meliputi penciptaan, penggunaan, dan pemeliharaan, serta penyusutan, kemudian untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan arsip yang lebih efisien, perlu penerapan Aplikasi SRIKANDI agar bias memberikan manfaat dalam tata kelola penyelenggaraan kearsipan.

“Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip (JRA) yang di kelola secara efektif, efisien  sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan, kemudian untuk penyelenggaraan arsip dinamis saat ini kita sudah menggunakan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi korespondensi terintegrasi nasional.” jelas Syukri.

“ Saya berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga ada ilmu yang dapat di aplikasikan di masing-masing unit kerja untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan aturan yang berlaku.” Imbuh syukri.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Kearsipan Wilna, SE, MM,  menjelaskan bawa kegiatan ini sebagai pembinaan awal dalam hal penyelenggaraan kearsipan terhadap UPT di lingkungan Dinas Kesehatan, agar ada persamaan persepsi dalam penyelenggaraan kearsipan, dan kegiatan ini bias ditindaklanjuti dengan pendampingan dan pembinaan langsung ke masing-masing UPT..

 “Harapan kami dengan diadakannya kegiatan bimbingan atau pendampingan pengelolaan kearsipan berkelanjutan, peserta dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang mencukupi dalam mengimplementasikan teori dan teknis pengelolaan kearsipan termasuk dalam penggunaan aplikasi SRIKANDI” Ungkap Wilna.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu untuk menerapkan pengelolaan arsip dinamis dengan baik dan kemudian memberikan manfaat dalam tata kelola penyelenggaraan kearsipan di unit kerjanya, serta dapat menjadi penggerak di unit kerjanya masing-masing dalam menerapkan aplikasi SRIKANDI.ba_